Kerajinan Perak Menarik Penghasil Uang

Kerajinan Perak Menarik Penghasil Uang

Kerajinan Perak Menarik Penghasil Uang
Kerajinan Perak Menarik Penghasil Uang
 Kerajinan Perak Menarik – Kerajinan perak seperti hal kerajinan batik atau pun yang lainnya yang tercipta dengan berbagai cara dan teknik ada yang dibuat langsung oleh tangan atau pun hasil dari cetakan mesin, namun biasanya untuk kerajinan perak yang dibuat langsung oleh tangan mempunyai nilai seni dan harga jual yang terbilang tinggi.

Berikut ini mengenal beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan tangan:

    - Kerajinan Perak Tangan - (Dibuat Oleh Tangan)

Seperti namanya proses pembuatan kerajian perak ini seluruhnya dibuat langsung oleh tangan atau handmade, dimulai dari desain kerajinan peraknya hingga proses pembuatan dan finishingnya selurunya dibuat oleh tangan, namun yg perlu anda ketahui bahwa kerajinan perak handmade ini dibagi menjadi dua katagori yaitu: Filigree dan Solid Silver

Perak Filigree atau yang di Kotagede sering dikenal dgn istilah perak Trap adalah jenis kerajinan perak yg bermaterial benang/kawat perak yang sangat lembut yang dipilin dan dipres/dibuat plat. Benang-benang perak inilah yang digunakan untuk membuat motif atau dekorasi kerajinan perak.

 Benang perak/filigree ini bukan hanya digunakan untuk membuat perhiasan/asesories saja, tapi juga digunakan untuk membuat bermacam-macam miniatur seperti miniatur becak, kereta kuda, harley davidson dan juga bermacam-macam hiasan dinding seperti hiasan motif wayg dan lain sebagainya. Sampai sekarang teknik ini menjadi andalah para pengrajin karena proses pembuatan masih tidak dapat dilakukan oleh mesin.

Solid Silver. Kerajinan perak ini berbahan utama perak lempengan/lembaran perak. Material ini lebih fleksibel untuk dibentuk atau digunakan membuat kerajinan perak. Biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk membuat perlengkapan makan dari perak seperti nampan, piring, mangkok dan lain sebagainya. Selain itu juga sering digunakan untuk membuat miniatur dan perhiasan-perhiasan.

    Kerajinan Perak Cetakan/Casting

Kerajinan perak ini sering dijadikan alternatif produksi kerajinan perak. Terutama untuk permintaan produk dengan kuantitas besar dan waktu yg terbatas.

Sebenarnya sistem pembuatan perak cetak / casting ini ada beberapa teknik. Dari yang menggunakan peralatan sederhana sampai penggunaan mesin casting sentrifugal yang lumayan mahal harganya. Dan biasanya produk perhiasan yang ada di pasaran dibuat dengan mesin casting sentrifugal

Kerajinan Perak Menarik Penghasil Uang
Kerajinan Perak Menarik Penghasil Uang


Meskipun begitu proses akhir (finishing) dari proses perak cetakan ini masih menggunakan tangan di antaranya, pengikiran dan pengamplasan bekas-bekas cetakan yg kurang rapi, oleh karena itu teknik ini masih campuran antara mesin dan kreatifitas tangan manusia

    Kerajinan Perak buatan Mesin/Machinery

Kerajinan perak dengan sistem produksi mesin juga merupakan sistem produksi massal seperti casting. Hanya saja di sini digunakan mesin sebagai ganti mesin casting. Dan untuk semua proses pengerjaan semua bergantung pada mesin, sehingga terkadang hasil yang diperoleh tidak seindah buatan tangan manusia langsung.


0 Response to "Kerajinan Perak Menarik Penghasil Uang"

Post a Comment